Ketika Muslim Cerdas Spasial


syabab indonesia

Dr. Ing. Fahmi Amhar

Lebaran segera tiba. Separuh penduduk ibukota akan mudik. Itu berarti jalanan macet. Kenapa? Karena sebagian besar tidak tahu jalan, sehingga mengandalkan jalan yang paling populer. Macetlah.

Hal yang sama terjadi di jalanan Jakarta setiap hari. Jalan tol yang semestinya lancar malah paling macet. Kenapa sebagian orang pakai jalan tol? Banyak yang karena tidak tahu jalan.

Selama musim haji ternyata sama juga. Jalanan Mekkah Arafah Muzdalifah Mina macet oleh orang-orang yang tidak tahu jalan, termasuk sopir-sopir musiman.

Selain masalah jalan, kaum Muslim juga sering kelihatan kurang cerdas dalam soal lokasi. Tak jarang dua masjid terletak berdampingan, sedang pada saat yang sama ada satu kampung yang sangat jauh dari masjid, atau ukuran masjidnya sangat tidak memadai. Dalam bertani pun, tidak sedikit kaum Muslim yang menanam secara latah. Ketika harga suatu komoditas pertanian sedang tinggi, mereka ramai-ramai menanamnya, tanpa ilmu tentang apakah tanah itu optimal untuk jenis komoditas yang…

Lihat pos aslinya 588 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s