Tak Patuhi Sanksi, Bank Cina dan Irak Dihukum


mastaflock

Sanksi baru diterapkan AS terhadap Iran yang tidak hanya menarget industri minyak negara itu melainkan juga bank asing telah menuai kritik dari Cina. Beijing memperingatkan Washington soal memburuknya hubungan kedua negara.

Paket sanksi baru itu kembali dalam rangka memaksa Iran agar bersedia menghentikan program nuklirnya. Hukuman keuangan akan diberlakukan Amerika Serikat terhadap Bank Kunlun Cina dan Bank Islam Elaf Irak karena keduanya telah berpartisipasi dalam transaksi senilai jutaan dolar dengan bank-bank Iran menyusul sanksi.

Kedua bank itu tidak akan dapat mengakses jaringan finansial Amerika Serikat sebagai hukuman dari transaksi mereka dengan sektor perbankan Iran

Presiden Obama dalam sebuah pernyataan mengatakan, "Aksi hari ini dengan jelas menunjukkan bahwa kami akan menindak setiap lembaga keuangan yang memberikan peluang kepada Iran untuk mengakses sistem keuangan internasional,".

Hukuman dari Amerika Serikat itu memicu reaksi keras dari Cina yang menilainya akan memperburuk proses kerjasama bilateral antarkedua negara.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Qin Gang…

Lihat pos aslinya 27 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s