Tidak Boleh Ada Intervensi Asing di ASEAN


webpelangi

ASEAN menegaskan tidak boleh ada negara-negara asing yang memaksakan kepentingannya di Asia Tenggara. Perseteruan kepentingan hanya boleh disampaikan dalam forum internasional, yang terbuka bagi semua pihak.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, saat ditemui di Sekretariat ASEAN Jakarta, Rabu (25 /7. Pernyataan ini disampaikan menyusul pertanyaan wartawan soal adu pengaruh antara China dan Amerika Serikat di kawasan ini.

Surin mengatakan, ASEAN berusaha untuk menjaga agar masalah ini tetap berada di kendali ASEAN. ASEAN menurutnya, harus siap jika menjadi incaran kepentingan asing.

“ASEAN harus mengambil langkah dalam menghadapi tekanan jika ada konflik kepentingan antara mitra eksternal. Kalau sudah demikian, kita harus siap,” kata Surin.

Amerika Serikat dan China diduga tengah berebut pengaruh di kawasan Asia Tenggara yang sedang ranum-ranumnya. Apalagi, tahun ini Presiden AS Barack Obama mengumumkan bahwa fokus militer mereka kini beralih ke Asia. China menuduh AS coba ikut campur soal sengketa Laut China Selatan yang…

Lihat pos aslinya 50 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s